Muslim Swedia Berpuasa Selama 20 Jam Per Hari, Bagaimana Rentang Waktu Negara lainnya ?

Posted on

Hari Ini, umat Muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun 2018. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama resmi menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis (17/5/2018).

Ibadah puasa di bulan Ramadan ini dijalankan oleh seluruh Muslim di dunia.

Di Indonesia, waktu berpuasa rata-rata adalah 13 jam 8 detik.Waktu yang hampir sama dialami oleh negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Kalau waktu 13 jam 8 detik ini dirasa cukup berat bagimu, apalagi dengan kondisi cuaca yang sedang cukup panas, apa jadinya jika sekarang kamu berpuasa di Swedia?

Seperti yang kita ketahui, durasi lama berpuasa tergantung pada jumlah jam antara matahari terbit dan terbenam.Waktu ini bisa berbeda-beda, tergantung kapan jatuhnya bulan Ramadan.

Di negara-negara subtropis, apabila Ramadan jatuh pada bulan-bulan musim panas, mereka harus berpuasa dengan durasi yang lebih lama. Ini dikarenakan hari akan lebih panjang sebab matahari akan lebih lama tampak di langit.

Ramadan tahun ini jatuh pada bulan Mei dan Juni kalender Masehi.Di negara-negara Eropa dan Amerika bagian Utara sana sedang berlangsung musim semi.

Masyarakat Muslim Amerika Serikat dan Kanada berpuasa dalam durasi antara 16 sampai 19 jam, tergantung letak posisi garis lintang.

Muslim di Belanda, Belgia, dan Jerman akan menjalankan ibadah puasa selama 18 jam.

Sementara mereka yang menjalankan puasa di Spanyol, akan berpuasa selama 17 jam.

Muslim Indonesia puasa 13 jam sehari, bagaimana dengan Muslim lainnya di dunia?

Masyarakat Muslim di Denmark akan berpuasa selama 19 jam di tahun ini.Turun 3 jam dari tahun 2017 lalu, yaitu 21 jam.

Adapun waktu puasa terlama tahun ini dipegang oleh negara-negara Nordik seperti Swedia, Islandia, dan Norwegia dengan panjang durasi selama 20 jam.

Lain halnya dengan masyarakat Timur Tengah dan Afrika Utara.Negara-negara Timur Tengah dengan populasi mayoritas Muslim ini akan menjalani puasa dengan durasi berkisar antara 16-13 jam.

Di Kuwait, Irak, Arab Saudi, dan Yordania masyarakatnya berpuasa selama 15 jam per hari.

Sementara di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya, Muslim akan berpuasa selama 16 jam.

Negara Sudan yang memiliki garis lintang hampir sama dengan Indonesia memiliki durasi waktu puasa yang sama, yakni 13 jam.

Waktu terpendek durasi berpuasa dipegang oleh negara-negara Asia, Australia, dan Amerika Selatan.

Muslim Pakistan dan Bangladesh akan berpuasa selama 14 jam. Sementara itu, saudara mereka di India akan menjalankan puasa selama 15 jam.

Australia dan negara-negara Amerika Selatan ternyata memegang posisi durasi puasa terpendek sedunia. Mereka yang tinggal di Brasil, Argentina, serta Australia menjalankan ibadah puasa selama 12 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *