Rahasia Menara Pisa Tidak Ambruk Walaupun Terjadi Gempa

Posted on

Menara Pisa, bangunan unik dan menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Italia ini dibangun sejak tahun 1173 dan selesai tahun pada tahun 1372. Menara dengan ketinggian 8 lantai ini terkenal karena kemiringannya yaitu mencapai 5 meter dari garis lurus.

Namun meskipun miring, menara Pisa tidak ambruk karena gempa yang pernah terjadi di kawasan tersebut.

Apa rahasianya yang menyebabkan menara ini tahan terhadap gempa?

Setidaknya, sejak tahun 1280 ada 4 gempa yang terjadi di kawasan. Dilansir Grid.ID dari artikel The Sun yang dipublish pada 11 Mei 2018, para peneliti yang terdiri dari 18 insinyur mengklaim bahwa fenomena yang terjadi di Menara Pisa disebut ‘interaksi tanah, struktur dinamis’.

Menara Pisa didesain supaya bediri tegak lurus. Tetapi, karena dibangun di atas tanah yang tidak stabil, salah satu sisi Menara Pisa pun masuk ke dalam tanah.

Pada dasarnya tanah di sekitar menara menyerap getaran.Tanah yang ada di fondasi menara adalah tanah lembek. Sehingga, hal tersebut mencegah getaran gempa.

“Ironisnya, tanah yang sama menyebabkan ketidakstabilan miring dan membawa menara ke ambang kehancuran. Tapi sebaliknya malah dapat membantu bertahan dari peristiwa seismik ini.” jelas Profesor George Mylonakis salah satu peneliti dari Universitas Bristol.

Nah,  itulah yang membuat Menara Pisa miring dapat berdiri kokoh dan tahan gempa meski miring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *